Beranda > opinion > Mempopulerkan Kembali Museum

Mempopulerkan Kembali Museum

Sudah berapa museum yang anda kunjungi? Lalu apa aja yang anda dapatkan ketika mengunjungi museum? Ya pertanyaan itu layak diajukan kembali kepada kita semua ditengah menurunnya minat masyarakat Indonesia terhadap museum dewasa ini.

Fakta menurunnya minat terhadap museum ini salah satunya disampaikan oleh pengelola museum nusantara yang ada di Taman Mini Indonesia Indonesia indah. Di TMII sendiri saat ini terdapat 17 Museum yang memamerkan berbagai jenis kekayaan sejarah, budaya dan seni nusantara yang sekaligus menjadi saksi peradaban kehidupan bangsa Indonesia. Dari museum transportasi, museum telekomunikasi hingga museum listrik. Ini belum termasuk museum-museum yang tersebar diberbagai kabupaten dan provinsi baik yang dikelola pemerintah maupun swasta.

Kurangnya minat inilah yang kemudian mendorong lahirnya sebuah kegiatan bertajuk Festival Museum Nusantara yang dipelopori TMII dan situs http://www.kemuseumyuk.com. Tidak tanggung-tanggung, mereka mengajak blogger-blogger di Indonesia untuk terlibat dalam lomba atau kontes penulisan Festival Museum Nusantara melalui pengoptimalan kata kunci ‘Festival Museum Nusantara’ melalui search engine google.co.id. Minimal peran serta blogger ini diharapkan membantu dalam proses mengenalkan dan mempopulerkan kembali museum-museum yang ada di Indonesia kepada masyarakat Indonesia dan bahkan dunia melalui internet.

Namun efektifkah langkah ini? Efektif dan tidaknya tentu waktu yang akan menjawabnya. Setidaknya, saya pribadi menilai Festival Museum Nusantara ini merupakan langkah yang cukup bagus untuk minimal mewacanakan kembali pentingnya peran museum untuk menyelamatkan nilai dan kekayaaan bangsa.

Sumber : http://goyangkarawang.com/2010/03/festival-museum-nusantara/

Kategori:opinion
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: