Beranda > opinion > Karawang Kota Pertanian (Lumbung Padi)

Karawang Kota Pertanian (Lumbung Padi)

Pertanian adalah ciri dari Karawang. Dimana sejak dulu masyarakat Karawang umumnya bermata pencaharian sebagai petani. Hal ini tidak terlepas dari luasnya tanah pertanian atau sawah di Karawang. Luasnya tanah dilengkapi dengan kesuburan dan sistem irigasi yang baik.

Dengan potensi pertanian ini, maka Karawang juga dikenal sebagai kota lumbung pertanian atau kota lumbung padi atau beras Jawa Barat dan Indonesia. Julukan ini lahir bahkan sebelum julukan lainnya, salah satunya kini Karawang juga dikenal sebagai kota industri. Bahkan sekarang, banyak lahan pertanian di Karawang yang beralih fungsi menjadi lahan industri. Banyak sawah yang hilang dan banyak petani kehilangan mata pencaharian mereka.

Oleh karena itu, untuk tetap memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat, maka Kabupaten Karawang harus menjaga dan terus mengembangkan potensi pertaniannya. Pembangunan industri juga tidak boleh mengancam potensi pertanian. Sebaliknya, industri dan pertanian harus saling mendukung satu sama lain, sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik.

Kategori:opinion
  1. Januari 22, 2011 pukul 10:54 pm

    Salam buat Karawang >_<

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: