Beranda > Reviews > Pakaian yang Tepat untuk Wawancara Kerja

Pakaian yang Tepat untuk Wawancara Kerja

Saat wawancara kerja penampilan menjadi modal yang tidak kalah penting selain kemampuan menjawab pertanyaan dan curriculum vittae (CV) kita, maka dari itu penting bagi kita menggunakan busana atau pakaian yang tepat untuk wawancara kerja. Pakaian yang tepat tidak berarti harus mahal, tapi yang penting sesuai dengan situasi dan kondisi wawancara yang akan kita jalani. Lebih penting lagi, nyaman anda gunakan dan nyaman dilihat oleh pewawancara kerja di tempat anda melamar.

Berikut adalah beberapa tips untuk penggunaan pakaian atau kostum yang tepat saat wawancara kerja, seperti yang dirilis oleh Vivanews dot com :

* Menurut sebuah studi yang dilakukan Frank Bernieri, Ph.D., profesor psikologi di Universitas Negeri Oregon menyatakan, dalam waktu 10 detik pertama setelah wawancara dimulai, pewawancara Anda sudah bisa memutuskan apakah Anda layak bekerja di perusahaan tersebut.

* Bagi Anda yang tampil dengan polesan make-up berwarna natural dan berpenampilan menarik cenderung mendapatkan peluang lebih besar ketimbang mereka yang datang dengan penampilan ‘ala kadarnya’.

* Menurut Bernieri, berpakaian dengan cara salah setara dengan yang terburuk, dan ini sama halnya Anda telah melakukan kecerobohan sosial, misalnya menggigit kuku selama wawancara.

* Dan, berdasarkan penelitian terbaru, tingkat pengangguran untuk wanita usia di atas 20 tahun adalah 7,9%. Data yang diperoleh dari US Bureau of Labor Statistics ini menunjukkan, perlu kompetisi tersendiri yang harus memberikan dorongan para peserta wawancara untuk mengubah penampilan agar lebih menarik.

* Bernieri pun menyarakan, pakaian terbaik untuk Anda kenakan saat wawancara adalah busana yang konservatif. Dengan berpakaian konservatif berarti Anda peduli pada dua dimensi yang berbeda. Pertama, Anda berusaha, Kedua, Anda membuat upaya untuk tidak menyinggung perusahaan yang dituju. Ketiga, Anda sopan dan terhormat.”

* Hal senada juga diungkapkan Kim Zoller, pendiri dan presiden dari Image Dynamics, “Kesalahan paling umum di antara para kandidat saat wawancara yakni tidak berpenampilan yang semestinya. Banyak para peserta wawancara yang hadir mengenakan pakaian terlalu ketat dan berpenampilan kasual. Ini membuat Anda terlihat malas atau ceroboh.”

* Zoller juga menambahkan, jika tidak berpakaian dengan baik, Anda dapat menjawab semua pertanyaan dengan benar, tapi peluang akan mengecil jika Anda mulai dibandingkan dengan kandidat lain yang berpenampilan lebih baik.

Iklan
Kategori:Reviews
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: