Beranda > opinion > Bisnis Film Bajakan, Ilegal Tapi Menguntungkan

Bisnis Film Bajakan, Ilegal Tapi Menguntungkan

Pedagang Film Bajakan DirajiaPembajakan semakin merajalela, dan salah satunya adalah film. Tidak hanya untuk kepentingan individu, tapi pembajakan ini sudah menjadi usaha. Sebuah lingkaran syetan yang sulit ditemukan solusi untuk mencegahnya. Karena, yang terlibat dalam bisnis film bajakan ini, tidaklah sedikit, tapi melibatkan banyak pihak. Dari mulai pembajak atau produsen bajakan, pedagang film bajakan, pembeli film bajakan, hingga aparat penegak hukum dan pemerintah.

Padahal, bisnis film bajakan ini sangat merugikan, tidak hanya untuk produsen film, pemain film dan orang-orang yang berkerja di industri film, tapi juga bagi negara. Karena, bisnis tidak syah ini, tidak memberikan pemasukan bagi negara, tidak terbebani pajak, alhasil penghasilan negara berupa pajak menjadi berkurang.

Sebaliknya, bagi pembajak film, bisnis film bajakan sangatlah menguntungkan. Mereka hanya tinggal menyalin dari film aslinya, kemudian menjualnya dengan harga yang lebih murah, tapi secara keuntungan mereka mendapat lebih besar. Karena mereka tidak mengeluarkan modal untuk memproduksi film tersebut.

Adapun bagi konsumen, adanya produk film bajakan juga menjadi keuntungan tersendiri. Dengan harga lebih murah, mereka bisa menonton film yang diinginkan. Walau secara kualitas gambar tidak sebagus CD/DVD aslinya, tapi jalan cerita film bajakan 100 % sama dengan film aslinya.

Fenomena dan aktifitas bisnis film bajakan ini, khususnya dinegara-negara berkembang, sulit untuk dihentikan. Hanya kesadaran masyarakatlah yang bisa menghentikan bisnis film bajakan. Sadar dan menghargai para pembuat film yang sudah kerja keras membuat film dan menyadari agar negara tidak dirugikan karena kehilangan pendapatan pajak.

Kategori:opinion Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: