Beranda > opinion > Teknologi Telah Menggangu Kehidupan Sosial

Teknologi Telah Menggangu Kehidupan Sosial

Apakah benar bahwa teknologi telah menggangu kehidupan sosial? Mungkin ada yang berpendapat bahwa teknologi kini mengganggu kehidupan sosial masing-masing. Sekarang, kita dihujani dengan berbagai produk dengan teknologi terbaru. Banyak manfaat yang kita dapatkan, tapi disisi lain effek negatifnya juga tidak kalah banyaknya.

Lebih parah lagi, banyak yang terjebak dalam kemajuan teknologi. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, teknologi telah membuat banyak orang nyaman dengan dirinya sendiri. Banyak orang yang kini lebih individualis, tidak suka bergaul dan sosialiasi.

Misalnya, kita ambil contoh pada teknologi sosial media, seperti Facebook dan Twitter. Dengan adanya dua jejaring sosial ini, komunikasi antar manusia menjadi lebih mudah, cepat dan murah. Effek negatifnya, dengan kemudahan dan kepraktisan ini, komunikasi tatap muka menjadi sangat jarang. Inilah yang kemudian menjadi gangguan tersendiri dalam kehidupan atau interaksi sosial.

Teknologi mengganggu atau disruptive technology. Tidak sepenuhnya memang teknologi menggangu. Hal ini tentu kembali pada kita sebagai konsumen, apakah menjadikan teknologi sebagai alat atau malah yang ektrem menjadikan teknologi sebagai ‘Tuhan’ – ketergantungan terhadap teknologi inilah yang harus dihindari. Kita harus bisa menempatkan diri ditengah semakin majunya teknologi.

Iklan
Kategori:opinion Tag:
  1. Februari 10, 2011 pukul 3:45 pm

    istilah TEKNOLOGI TEPAT GUNA mungkin harus di kedepankan.Kelebihan penggunaan teknologi akan menyebabkan komunikasi atau hubungan antar manusia akan jadi renggang.Jadi gunakan teknologi seperlunya saja

  2. Februari 10, 2011 pukul 3:48 pm

    Mungkin istialah TEKNOLOGI TEPAT GUNA harus dikedepankan dalam persoalan ini.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: