Beranda > opinion > Trend Politik Dunia 2011 : Revolusi Sosial dan Krisis Politik

Trend Politik Dunia 2011 : Revolusi Sosial dan Krisis Politik

Kartun Politik Dunia 2011Krisis politik berupa hilangnya kepercayaan masyarakat pada pemerintah menjadi trend politik di tahun 2011 ini. Maka revolusi sosial pun menjadi gerakan yang banyak terjadi khususnya diawal 2011 ini. Hal ini disebabkan oleh perbedaan pandangan politik, pemerintahan yang korup, dan infiltrasi negara asing.

Belgia adalah negara pertama pada tahun 2011 yang dilanda krisis politik. Belgia tanpa pemimpin selama 7 bulan terakhir, akibat dari pertentangan kelompok politik disana. Bahkan ada yang menyebut bahwa vacuum of governance in belgium, caused by differences language. Pertentangan antara politisi Belgia dengan bahasa Belanda melawan politisi Belgia dengan bahasa Perancis.

Setelah Belgia, krisis politik yang menjadi perhatian adalah yang terjadi di Tunisia. Rakyat Tunisia yang umumnya dari kalangan bawah, menuntut pembubaran Pemerintah Persatuan Nasional Tunisia dan pimpinan Perdana Menteri Mohamed Gannouchi, Konstitusi Partai Demokrat Masyarakat (RCD), yang berkuasa di era rezim Presiden Zine al -Abidine Ben Ali (1987-2011). Dan berhasil, rakyat Tunisia berhasil melakukan revolusi yang kemudian disebut sebagai revolusi Januari.

Dan yang terbaru adalah yang krisis politik terjadi di Mesir. Disebuah negara dengan peradaban yang kuat dan sejarah masa lalu yang gemilang. Rakyat Mesir sudah tidak percaya kepada Presiden Husni Mubarak. Melalui demo besar-besaran, mereka menginginkan Husni Mubarak mundur dari jabatan presiden Mesir. Seolah terinspirasi dari revolusi sosial di Tunisia, hingga saat ini, demonstrasi anti pemerintah tetap berlangsung di Mesir.

Bagaimana dengan di negara lainnya, apakah juga terjadi krisis politik? Ya, krisis politik ini sesungguhnya terjadi di hampir semua negara, dengan berbagai macam tingkat dan resistensi, namun yang mengarah ke gerakan revolusi sosial pada tahun 2011 ini, baru terjadi di Belgia, Tunisia dan Mesir. Adanya pertentangan politik di 3 negara ini bukan tidak mungkin akan menginspirasi gerakan revolusi di negara-negara lainnya, mungkin juga termasuk di Indonesia. Yang pasti, pemerintahan korup menjadi sasaran dari gerakan ini.

Kategori:opinion Tag:
  1. bayu
    Maret 6, 2012 pukul 6:11 am

    mas saya bisa minta sumbernya darimana tidak??
    ato ini murni tulisan mas sendiri?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: