Beranda > Reviews > Dampak (Akibat) dari Radiasi Nuklir atau Ledakan Nuklir

Dampak (Akibat) dari Radiasi Nuklir atau Ledakan Nuklir

Apa dan bagaimana Dampak (Akibat) dari Radiasi Nuklir atau Ledakan Nuklir? Mari kita melihat pada kasus terbaru, pada darurat nuklir di Jepang, setelah terjadi gempa dan tsunami di Jepang pada 11 Maret 2011 kemarin. Keadaan darurat nuklir di Jepang mengingatkan pada peristiwa kecelakaan pembangkit listrik nuklir di Chernobyl, Ukraina, pada 26 April 1986. Kecelakaan yang disebabkan meledaknya reaktor nuklir nomor empat di pembangkit itu menjadi kecelakaan terbesar sepanjang sejarah.

Sebanyak 4.000 orang tewas dalam kecelakaan itu, dan korban terus berjatuhan setelah mengidap berbagai penyakit akibat terpapar radiasi.

Beberapa efek kesehatan yang dialami korban radiasi nuklir, antara lain terkena kanker. Jumlah korban masih kontroversi, tetapi diperkirakan 93 ribu terkena kanker dan 200 ribu orang terkena penyakit lainnya.

Korban yang langsung terpapar radiasi terkena sindrom akut radiasi (ARS), mereka meninggal dalam waktu beberapa minggu setelah ledakan. Selain terkena ARS, korban juga ada yang meninggal karena kanker thyroid setelah menghirup udara yang terpapar radioaktif.

Selain itu, korban radiasi nuklir juga ada yang mengidap penyakit leukimia, gangguan metabolisme, dan katarak. Sejumlah orang juga mengaku mengalami masalah kesuburan dan masalah kehamilan, tetapi belum dapat dipastikan apakah masalah itu merupakan efek radiasi. (Disarikan dari Tempo)

  1. wahyu asyari m
    Maret 14, 2011 pukul 3:44 am

    Indonesia, kalau belum mampu jangan buat main2!!
    Nuklir itu bermanfaat memang, tapi kalau terjadi kerusakan bisa fatal akibatnya…

  2. Orin
    Maret 15, 2011 pukul 12:42 am

    Bener banget tuh mas bro,pikirkan kedepan nasib rakyatmu jangan pikirkan nasib dompetmu para orang2 terhormat diatas,kl kita pikir jepang sangat canggih bisa dikatakan aja masih kelabakan,pa lagi indonesia,dah terbukti ngurus lumpur doang yang terlalu ada efek negative ketubuh ga bisa nanggulangin boro2 nuklear bos.mikir napa jangancuma bisa ngayal dapet keuntungannya aja tp dihayalin juga kalau ada masalah gimana.tapi indonesia sih dah ketauan paling juga nanti tinggal bilang “Hal ini diluar perkiraan kita” ujung2nya diungsiin cuma cari selamat aja cuma bisa jawab doang nanggung sih kaga.kl yang dapet keuntungan dr nuklear sih enak bisa lari kemana,nah kita yang makan aja susah……PIKIR KAN LAH bapAK2 IBU2

  3. rahma
    Maret 16, 2011 pukul 10:06 am

    eah aqhuw setuju karena dampak nya juga banyak.
    meski sebenarnya juga banyak keuntunganya tapi khan kerugianya juga pasti ada.
    apa lagi kalau sudah seperti jepang dampaknya pasti akan berkepanjangan.
    kita ingat” saja waktu peristiwa kecelakaan pembangkit listrik nuklir di Chernobyl, Ukraina, pada 26 April 1986. Kecelakaan yang disebabkan meledaknya reaktor nuklir nomor empat di pembangkit itu menjadi kecelakaan terbesar sepanjang sejarah.

    Sebanyak 4.000 orang tewas dalam kecelakaan itu, dan korban terus berjatuhan setelah mengidap berbagai penyakit akibat terpapar radiasi.

    jadi mending dipikir” dulu saja kalau mw memakai nuklir.

  4. Gatot Herwanto
    Maret 21, 2011 pukul 10:01 am

    Bapak/Ibu/Sdr/Sdri Yth,
    Benar semua ada resikonya tapi yang satu ini bisa jadi kiamat klo sampai ada ledakan/radiasi Nuklir di Negara kita tercinta ini, Jadi mending pakai teknologi yang aman-aman saja demi kelangsungan hidup anak cucu kita, biar Kuno tapi selamat.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: