Beranda > Berita > Penerjemah Bahasa untuk Presiden

Penerjemah Bahasa untuk Presiden

Penerjemah Bahasa untuk Presiden – Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa menyatakan kebutuhan tentang tenaga penerjemah merupakan kebutuhan nyata. Soal tenaga penerjemah itu, kata Marty, telah lama disampaikan oleh Presiden.  “Soal kebutuhan penerjemah, sesuatu yang presiden sampaikan pada kesempatan terdahulu. Ada proses tindak lanjut dalam proses jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk persiapkan tenaga penerjemah, baik untuk Kemlu maupun lebih luas, kebutuhan nyata dan riil,” ujar Marty kepada wartawan usai mengikuti Pengarahan SBY pada Rapat Kerja 2012 Kementerian Luar Negeri dengan Perwakilan RI di Luar Negeri di Ruang Nusantara, Kemlu, Jalan Taman Pejambon, Jakarta.

Menurutnya, kebutuhannya itu terhadap semua bahasa namun yang lebih utama adalah bahasa yang resmi dipakai dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selain bahasa PBB bahasa yang biasa dipakai dalam Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

“Persoalan bahasa PBB, Mandarin, Inggris, Arab, Rusia. dan bahasa Asean lainnya. Sedang ada proses namun pengetahuan bahasa tidak bisa dihindari,” jelasnya.

Saat ditanya apakah sebelumnya pernah terjadi kesalahan fatal dalam hal diplomasi yang didampingi oleh tenaga penerjemah asing. Menurutnya hal itu belum pernah terjadi namun, pembangungan pusat pelatihan penerjemah ini untuk mengantisipasi hal demikian.
“Tidak pernah, ini pencegahan. Dari aspek kepatutan, supaya kesetaraan bahasa setempat, masa kita bahasa Inggris. Azas kepatutan,” kata dia.

Dia menjelaskan Pusat Pelatihan Penerjemah itu tidak hanya pandai dalam menerjemah semata melainkan juga mengetahui tentang sikap dalam menerjemah. Di samping itu pula, kata Marty, tenaga penerjemah juga harus mengetahui tentang politik Luar Negeri.

“Dalam arti kata, bahasa ini tidak hanya berbahasa tetapi juga temperamen, tidak harus temperamen khusus. Harus tahu politik Luar Negeri. Perlu perhatian,” tandasnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: